ruang guru skill academy

Wiki Article

Jika anda memiliki hobi membaca, lebih-lebih tulisan-tulisan nonfiksi, pasti anda nggak asing ulang bersama makna artikel. Kamu mampu menemukan tulisan artikel terhadap rubrik tertentu di majalah, koran, atau artikel ilmiah yang dapat anda temukan di Google Scholar, Scopus, dan lain-lain. Bahkan, saat ini pun kamu sedang membaca sebuah artikel, lho.

Hmm, tetapi apa sih yang dimaksud dengan artikel itu? Bagaimana struktur dan apa saja jenis-jenis artikel? Simak penjelasan berikut, ya.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibikin untuk dipublikasikan di fasilitas cetak maupun media sosial. Artikel punya tujuan untuk menyampaikan ide ditambah information dan fakta yang di sediakan dalam bentuk tulisan. Sebuah artikel dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca, lho. Menurut kamu, disaat membaca Blog Ruangguru, kegunaan apa yang dirasakan? Komen di bawah yaa~

Tujuan Artikel

Setiap perihal yang kami coba untuk sampaikan di dalam tulisan, tentu saja miliki tujuan, ya guys. Tulisan-tulisan tersebut kalau teks prosedur yang tujuannya untuk berikan petunjuk, teks eksplanasi untuk mengatakan sesuatu. Nah di artikel ini kita mengkaji perihal tujuan dari teks artikel.

Tujuan dari artikel dapat di menyaksikan berasal dari 2 sudut pandang, yakni tujuan bagi penulis artikel, dan target bagi pembacanya. Tujuan teks artikel bagi penulis iyalah:

Sarana untuk menyampaikan gagasan,
Sarana untuk berpikir secara sistematis,
Sarana publikasi hasil anggapan secara ilmiah,
Sarana untuk menguraikan atau membicarakan pokok masalah yang telah ditentukan oleh peneliti,
Sarana untuk mengatakan atau membicarakan suatu masalah cocok bidang ilmu tertentu.
Nah itu tadi sebagian tujuan artikel bagi penulis. Sementara itu, target dan faedah yang diterima pembaca artikel adalah sebagai berikut:

Sarana memperoleh pengetahuan dan informasi

Sarana untuk mengedukasi

Sarana hiburan bagi pembaca


Ciri-ciri Artikel

Setelah tau obyek artikel berasal dari segi penulis maupun pembaca, sekarang kami pelajari tentang apa saja beberapa ciri artikel, ya! Kamu sanggup mengidentifikasi sebuah teks artikel, jikalau tulisan tersebut miliki ciri sebagai berikut:

1. Isi postingan dalam artikel didasari oleh fakta
Seluruh tulisan di dalam artikel merupakan perihal yang nyata dan bukan sebuah rekayasa penulis maupun mitos.

2. Bersifat faktual dan informatif
Artikel berbentuk faktual yang berarti berdasarkan kenyataan dan mengandung kebenaran. Serta informatif yang bermakna beri tambahan informasi berdasarkan hasil penelitian yang dapat dipastikan kebenarannya.

3. Mengandung opini atau gagasan yang subyektif
Artikel ditulis berdasarkan inspirasi atau opini penulisnya. Akan tetapi, kesimpulan tersebut dilandasi oleh fakta, hasil penelitian, maupun teori.

4. Artikel ditulis secara singkat, padat, dan jelas

Agar enteng untuk di terima pembaca, artikel termasuk ditulis bersama dengan komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Maka berasal dari itu artikel terhitung disebut sebagai postingan ilmiah populer.

5. Penulisan artikel dibikin bersama sistematis

Artikel memiliki bagian-bagian spesifik dan ditulis secara sistematis, agar pembaca dapat paham isinya bersama mudah.

Nah, sehabis anda memahami pengertian dan ciri-ciri artikel. Kira-kira anda tertarik nggak untuk memicu artikel? Eiits, tapi sebelum akan itu, anda mesti jelas dulu gimana struktur sebuah artikel.

Hmm, seperti yang kita tahu, setiap teks tentu memiliki struktur. Dengan menyadari struktur teks, kita dapat lebih enteng untuk sebabkan artikel, lho!

---

Sebelum lanjut ke materi susunan artikel, aku rela kasih tau program persiapan UTBK terlengkap dari Ruangguru, ruang lingkup aktualisasi guru nih! Yu, klik banner di bawah untuk informasi lebih lanjut~

Paket Kilat UTBK

Struktur Artikel

Secara umum, struktur artikel terdiri berasal dari tiga bagian, yaitu anggota Pernyataan pendapat atau tesis, bagian argumentasi, dan anggota pernyataan kembali atau reiterasi. Penjelasannya tersedia di bawah ya:

1. Pernyataan pendapat atau tesis
Bagian pada struktur artikel ini berisi uraian aktual yang penting untuk dijadikan pijakan pembahasan di di dalam artikel.

2. Argumentasi
Kemudian, anggota argumentasi yang memuat problem yang cobalah dibahas dan akan dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan lagi atau Reiterasi

Bagian susunan artikel yang terakhir yakni berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan ke didalam wujud simpulan.

Jenis-jenis Artikel

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitan, tipe artikel ruang guru vs quipper dibedakan jadi empat ruang guru magang macam nih. Kita bahas jenis-jenis artikel satu persatu ya:

1. Artikel praktis

Artikel praktis merupakan artikel yang mengedepankan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini condong naratif, berarti pesan yang disusun sesuai bersama rangkaian waktu, peristiwa, atau tahapan.

Kamu dulu membaca artikel perihal wejangan mengakibatkan sesuatu atau langkah melakukan perbaikan dan mengoperasikan suatu alat? Nah, itu termasuk ke dalam artikel praktis.


2. Artikel gampang

Hal utama yang dibahas di dalam artikel ini ialah kasus yang mudah dan nggak perlu pemahaman yang mendalam. Biasanya, penulis mengemas artikel ini bersama dengan humor atau berikan kesan menghibur pembaca, tapi isinya senantiasa informatif ya.

Jadi, pembaca tidak harus berkonsentrasi penuh untuk membaca sebuah artikel ringan. Kamu dapat mendapatkan artikel ini di majalah remaja, koran, atau blog. Contohnya kayak di Blog Ruangguru di bawah ini.

3. Artikel opini

Secara umum semua artikel adalah opini. Tapi, jenis artikel ini hanya tersedia di didalam surat kabar atau majalah yang punyai penempatan khusus, lho. Penempatan tertentu ini terkandung dalam rubrik seumpama kolom opini, tajuk konsep atau editorial, dan lain-lain. Oh ya, umumnya artikel ini mengulas suatu permasalahan secara mendalam, jadi dapat lebih baik andaikata penulis kudu memiliki pemahaman dan sudah ahli di bidang tersebut.

4. Artikel asumsi ahli

Jenis artikel ini mampu dikatakan bentuk artikel yang paling “serius” satu diantara artikel lainnya. Artikel pemikiran pakar berisi laporan sistematis berkenaan hasil kajian atau penelitian, andaikan skripsi, tesis, disertasi atau penelitian lainnya.

Ciri khasnya yaitu penyajiannya yang tidak panjang lebar tapi tidak mengurangi nilai keilmiahannya. Biasanya artikel ini dimuat pada jurnal-jurnal ilmiah. Bedanya, artikel lain biasa manfaatkan bhs populer, tetapi artikel ini mesti kenakan bahasa baku atau ilmiah. Beberapa orang menyebutnya artikel ilmiah.

Report this wiki page